Titik kumpul/ assembly pointmuster point adalah tempat yang digunakan bagi pengguna bangunan gedung dan pengunjung bangunan gedung untuk berkumpul setelah proses evakuasi. Titik kumpul merupakan elemen penting dalam perencanaan tanggap darurat. Jika terjadi kebakaran atau keadaan darurat lainnya, pekerja, kontraktor, atau tamu perusahaan yang tidak familier dengan tempat kerja harus dapat keluar dari gedung dengan aman dan cepat menuju titik kumpul.

Semua karyawan dan Pengunjung Rumah Sakit harus mengetahui lokasi titik kumpul yang disediakan. Hal ini bertujuan memudahkan semua karyawan dan pengunjung dalam menyelamatkan diri jika terjadi kebencanaan. Semakin siap dalam menghadapi kebencanaan, dapat menekan jumlah korban.

Berdasarkan ilustrasi diatas, dapat dimaknai jika perencanaan penanganan keadaan darurat semakin baik, maka kerugian dapat ditekan semaksimal mungkin. Begitu juga sebaliknya, jika perencanaan keadaan darurat tidak siap maka kerugian semakin besar.

Bencana bisa terjadi kapan saja, Sehingga kita harus siap menghadapinya kapanpun dan dimanapun. Ingat…. Jika terjadi bencana atau kedaruratan jangan lupa menyelamatkan diri ke Titik Kumpul yang sudah disediakan.

(Dibuat Oleh Komite K3RS RSUD Geneng Edisi 2 Bulan Agustus 2024)

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at: 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Skip to content